RD - Perlu Pertimbangan Matang Terkait Pembatasan Pemain Asing

Madura United FC - Beredar wacana, pemain asing akan dibatasi untuk Liga 1 nanti. Terkait kompetisi musim depan, maksimal tiga pemain asing di setiap klub Liga 1. Dengan komposisi dua pemain non Asia dan satu pemain asing berpaspor Asia. Praktis akan ada perbedaan jika dibandingkan musim sebelumnya.

Diketahui Liga 1 dalam beberapa musim terakhir, komposisi tiga pemain asing berstatus non Asia, dan 1 berpaspor Asia. Arsitek yang akrab disapa RD itu mengatakan tim yang berjuluk Laskar Sape Kerrab ini merasa keberatan jika regulasi itu ditetapkan, karena saat ini sudah mengantongi 4 pemain asing.

“Ini yang mungkin menjadi kerepotan untuk tim kami ya, karena kami sekarang sudah mempunyai 4 pemain asing," ujarnya, Minggu (2/5/2021).

Ia akan mencoba melakukan koordinasi dengan pihak terkait supaya tim yang sudah memiliki 4 pemain asing diberikan kebijakan atas wacana regulasi pembatasan maksimal pemain asing tersebut.

“Ini kan baru wacana ya bukan keputusan, bagaimana dengan klub yang sudah terlanjur memiliki 4 pemain asing kami rasa agar diberi keputusan mengenai hal ini,” ungkapnya.

Kendati demikian, ia menambahkan, jika semua tim di kompetisi Liga 1 sepakat terhadap regulasi tersebut, pihaknya tidak keberatan. Ia berharap ada kebijakan yang matang untuk memutuskan regulasi tersebut.

“Pada prinsipnya tidak ada masalah jika semua tim ini setuju, cuma bagaimana dengan tim yang sudah memiliki 4 pemain asing, itu saja. Maka kami berharap ada kebijakan yang matang untuk hal ini,” ucapnya.

Empat pemain asing Madura United tersebut di antaranya Jaimerson Da Silva, Bruno Lopes, Hugo Gomes Dos Santos atau yang akrab dipanggil Jaja. Mereka semua dari Brasil dan berstatus non Asia, dan satu lagi yang berpaspor Asia yaitu Jacop Pepper, dari Australia.***